Rabu, 04 Maret 2015

Macam-Macam sinyal Internet

Kategori : internet
Judul      : Macam-macam signal internet


Apakah kamu pengguna ponsel GSM? Kalau ‘Ya’, apakah kamu juga menggunakan paket data internet di ponsel tersebut? Kalau ‘Ya’, coba lihat signal bar ponselmu, apakah muncul simbol G, E, 3G, atau H? Apa sih maksud dari simbol-simbol tersebut?
Simbol-simbol tersebut merupakan penanda status dan kecepatan internet yang ada di ponsel kita, Sobat Orbit. Simbol G, E, 3G, dan H, akan mempengaruhi kepuasanmu dalam berselancar (internetan) melalui ponsel karena kualitas dan kecepatannya yang berbeda.
Simbol G adalah penanda untuk sinyal internet GPRS (General Packet Radio Service). Dari seluruh signal internet, GPRS merupakan teknologi yang memiliki kecepatan yang paling rendah, yakni sekitar 60-80 kpbs (kilo bit per second).
Kemudian ada teknologi EDGE yaitu Enhanced Data rates for GSM Evolution yang ditandai dengan huruf kapital E. EDGE merupakan teknologi yang dikembangkan dari GPRS dengan kecepatan yang pastinya lebih tinggi, yakni sekitar tiga kali lipat dari GPRS.
Simbol berikutnya adalah 3G. Wah, kalau dari kepopuleran nama 3G, sepertinya signal jenis ini adalah yang paling canggih ya? :) Bisa dibilang, teknologi ini sudah termasuk canggih, karena kecepatannya bisa jauh lebih kencang mencapai 2 Mbps (megabit per second). Wah, ini sih kencang banget untuk mendownload.
3G dimaknai sebagai singkatan dari 3rd (third) generation atau generasi ketiga, sementara GPRS disebut juga sebagai generasi kedua atau 2G, sedangkan EDGE disebut sebagai 2.5G.
Simbol terakhir ialah H atau kode untuk HSPA (High Speed Packet Access), yang menandakan kecepatan berinternet yang paling tinggi bahkan mencapai 14 Mbps atau lebih, tergantung provider yang digunakan. Wow, ternyata kecepatan berinternet HSPA tujuh kali lipat lebih cepat ketimbang 3G!  
Hhmmm, ternyata masih ada lagi yang melebihi kecepatan berinternet dari HSPA,HSPA dikembangkan lagi dan memiliki peningkatan dalam kecepatannya, sehingga disebut juga sebagai HSPA+ atau dilambangkan H+.
Dapat disimpulkan bahwa simbol paket data seluler dari yang paling lambat hingga paling kencang adalah G, E, 3G, H, kemudian H+.


0 komentar:

Posting Komentar